exclusivemails.net
;
exclusivemails.net
payableptr.com

Rabu, 02 September 2009

BARONG IDER BUMI

Barong idher bumi merpakan kegiatan rutin masyarakat using di Desa kemiren setiap tahun pada hari ke-2 idul fitri. Dalam kegiatan ini di laksanakan arak-arakan barong dengan harapan agar tuhan memberikan keselamatan dan kesejahteraan.
barong berbentuk topeng, sebagai penggambaran hewan yang menakutkan, dalam kemampuan untuk mengusir pengaruh jahat.
barong di mainkan oleh dua orang dengan iringan gamelan dan biasanya digunakan untuk prosesi pesta rakyat seperti ngarak penganten, atau khitanan, dimaksudkan untuk mengusir pengaruh jahat yang dalam kehidupan mendatang mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan.
acara ritual barong idher bumi, atraksi menarik yang bisa kita saksikan adalah :
a) Sedekah syawal diadakan sehari sebelum barong idher bumi, tiap keluarga bergantian menagadakan selamatan kupat lepet dan berbagai kue tradisional untuk dosajikan para pengunjung.
b) Prosesi upacara dia awali dengan mengarak tumpeng srakat dan pecel pitik keliling. kampung yang dipimpin oleh barong di pandu oleh sesepuh desa dengan menyebarkan uang logam serta beras kuning (using : sembur othik-othik) di sepanjang jalan. hal ini dimaksudkan membuang sengkala dan mengusir pengaruh jahat agar masyarakat di beri kemekmuran dan keselamatan. Arak-arak ini di ikuti seluruh elemen masyarakat using didesa ini, disemarakkan dengan bunyi-bunyian musik tradisional khas using seperti : angklung paglak, kunthulan, gembrung,dll.
c) Tiap-tiap keluarga membuat tumpeng dan pecel pitik. usai arak-arak idher bumi,sebelum matahar terbenam, semua tumpeng diletakkan dan di tata di sepanjang jalan utama desa. sesuadah di beri doa oleh kyai, tumpeng dan pecel pitik di makan bersama-sama pengunjung dan sanak famili yang hadir..
tempat : Desa kemiren, Kec. Glagah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

exclusivemails.net
Greenpeace SEA-Indonesia